RPP BERBASIS ICT
Di Susun
Guna Memenuhi Tugas
Mata
Kuliah : Teknologi Pendidikan
Dosen
Pengampu : Muchamad Fauyan, M.Pd

DI SUSUN
OLEH :
NOFI
FITRIA SARI 2021113118
KELAS :
E
JURUSAN TARBIYAH/PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) PEKALONGAN
2015
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : MA Sunan Kalijaga Bawang
Mata
Pelajaran : Akidah Akhlaq
Kelas/Semester : X/1
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Aspek : Al-Qur’an
A. Standar Kompetensi
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang manusia dan tugas-nya sebagai
khalifah di bumi.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Membaca
QS Al Baqarah : 30, Al - Mukminun: 12-14, Az -Zariyat: 56 dan An Nahl :
78
1.2 Menyebutkan
arti QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminun:
12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl: 78.
1.3 Menampilkan perilaku
sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS Al Baqarah: 30,
Al-Mukminun: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78
C. Indikator Pencapaian Kompetensi :
IndikatorPencapaianKompetensi
|
NilaiBudaya Dan
KarakterBangsa
|
– Mampu membaca Q.S Al-Baqarah;
30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An Nahl: 78 dengan baik
dan benar.
– Mampu mengidentifikasi tajwid
Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan
An-Nahl: 78
– Mampu mengartikan masing-masing
kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14, Az-Zariyat;
56. dan An-Nahl: 78 dengan benar
– Mampu mengartikan ayat Q.S.
Al-Baqarah: 30, Al-Mukminun; 12-14,
Az-Zariyat; 56. dan An-Nahl: 78
– Mampu menjelaskan kandungan QS
Al Baqarah: 30, Al Mukminun : 12-14, Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl: 78.
– Mampu mengidentifikasi perilaku
khalifah dalam Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An
Nahl;78
– Mampu mempraktikkan perilaku
khalifah sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56,
dan An Nahl;78
– Mampu menunjukkan perilaku
sebagai khalifah dalam kehidupan.
|
Religius, jujur, santun,
disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai
keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat, sadar akan hak
dan kewajiban, kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
– Patuhdalammelaksanakanajaran
agama yang dianutnya.
– Toleranterhadappelaksanaanibadah
agama lain
– Percayadiri
(keteguhanhati, optimis).
– Berorientasipadatugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
– Pengambilresiko
(sukatantangan, mampumemimpin)
– Orientasikemasadepan
(punyaperspektifuntukmasadepan)
D. Materi Ajar (Materi Pokok)
– Q.S. Al-Baqarah;
30
– Q.S. Al-Mukminun;
12-14
– Q.S. Az-Zariyat;
56
– Q.S. An Nahl: 78
– Q.S. Al-Baqarah;
30
– Q.S. Al-Mukminun;
12-14
– Q.S. Az-Zariyat;
56
– Q.S. An Nahl: 78
– QS. Al-Baqarah;
30
– QS. Al-Mukminun;
12-14
– QS. Az-Zariyat;
56
– QS. An Nahl; 78
E. Metode Pembelajaran:
– Ceramah ,
tanyajawabdanPraktek
F. Tujuan Pembelajaran
Siswadiharapkanmampuuntuk
:
– Membacadenganfasih Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14,
Q.S. Az-Zariyat : 56, dan An-Nahl: 78
– Mengidentifikasitajwid
Q.S Al-Baqarah; 30, Q.S. Al-Mukminun: 12-14, Q.S. Az-Zariyat: 56, dan An-Nahl:
78
– Mengartikanmasing-masing
kata yang terdapatdalam Q.S. Al-Baqarah: 30, Al Mukminun; 12-14, Az-Zariyat;
56. dan An Nahl: 78
– Mengartikanayat
Q.S. Al-Baqarah: 30, Al Mukminun; 12-14, Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
– Mendiskusikanartidankandungan
Q.S. Al-Baqarah: 30, AlMukminun; 12-14,
Az-Zariyat; 56. dan An Nahl: 78
– MengidentifikasiperilakuKhalifah
di bumi yang terdapatdalam Q.S.
Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An Nahl;78
– Mempraktikkanperilakusebagaikhalifah
di bumisesuai QS Al-Baqarah;30, Al Mukminun;12-14, Az Zariyat;56, dan An
Nahl;78
– Menunjukkanperilakukhalifahdalamkehidupan.
untuk versi pdf silahkan klik disini
0 komentar:
Posting Komentar